Kamis, 21 Agustus 2014

Manfaat Sehat dari Biji-bijian

 Biji-bijian biasanya sangat digemari burung. biji-bijian juga bagi sebagian besar masyarakat Indonesia bukanlah makanan sehat yang familiar. Namun dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, maka beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi ini.

Beberapa contoh biji-bijian yang cukup familiar di Indonesia adalah biji bunga matahari, kacang-kacangan, dan gandum. Berikut adalah manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan tubuh Anda.

Menyediakan energi
Biji-bijian atau serealia kaya akan karbohidrat kompleks yang mampu memberikan energi untuk tubuh. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan ini sebagai menu sarapan sebagai penyedia energi untuk beraktivitas seharian.

Tinggi protein
Kandungan protein yang tinggi di dalamnya bermanfaat untuk pembentukan masa otot Anda. Protein ini bahkan penting bagi anak-anak untuk mendukung daya tumbuh dan kembang mereka.

Mengurangi berat badan
Karena biji-bijian rendah lemak, maka mengonsumsinya baik untuk program penurunan berat badan Anda. Selain itu makanan ini rendah kalori sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Mencegah kanker
Biji-bijian mengandung zat alami yang disebut dengan pitosterol yang bermanfaat untuk mencegah kanker terutama kanker payudara dan kanker usus besar pada tubuh Anda. Para ahli kesehatan pun menyarankan Anda untuk mengonsumsinya sebanyak mungkin agar lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Mengontrol gula darah
Kandungan zat alami di dalam biji-bijian bermanfaat untuk mengurangi kecepatan sekresi glukosa dari makanan sehingga gula darah Anda tetap terkontrol. Untuk itulah biji-bijian baik dikonsumsi bagi Anda yang menderita diabetes.

Biji-bijian adalah makanan yang sehat, terjangkau, dan tersedia di mana saja. Oleh karena itu hal ini akan semakin memudahkan Anda untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat, ayo yang mau sehat makan biji-bijian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dwinda Krismania Putri Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template